Translate

MEKANISME REAKSI KATALISIS GLISERALDEHID 3-FOSFAT DEHIDROGENASE PADA REAKSI GLIKOLISIS GLISERALDEHID 3-FOSFAT MENJADI 1,3-BIFOSFOGLISERAT

Gugus aldehid pada gliseraldehid 3-fosfat didehidrogenasi, tidak menjadi gugus bebas karboksil, tetapi menjadi asam karboksilat anhidrat dengan asam fosforat. Jenis anhidrat ini dinamakan asil fosfat dimana reaksi menghasilkan senyawa berenergi tinggi (DGo’= -49,3 kJ) yaitu 1,3-bifosfogliserat.

clip_image002

 

Akseptor hidrogen pada reaksi ini adalah koenzim NAD+, bentuk teroksidasi dari nikotinamid adenin dinukleotida. Reduksi dari NAD+ terjadi dengan adanya transfer ion hidrida ( :H-) dari gugus aldehid pada gliseraldehid 3-fosfat kepada cincin nikotinamid pada NAD+, dan menghasilkan koenzim tereduksi NADH. Atom hidrogen lain dari molekul substrat keluar sebagai H+.

 

Proses oksidasi ini melibatkan senyawa intermediet dimana substrat terikat secara kovalen dengan enzim. Gugus aldehid G3P bereaksi pertama kali dengan gugus –SH pada residu Cys di sisi aktif enzim terbentuk senyawa tiohemiasetal. Kemudian intermediet enzim-substrat ini dioksidasi oleh NAD+ yang terikat juga pada sisi aktif membentuk senyawa tioester dan NADH. Setelah itu NAD+ bebas masuk ke dalam enzim menggantikan NADPH (yang keluar dari enzim) lalu ikatan tioester yang terbentuk mengakibatkan fosforolisis (dengan penyerangan Pi) dan melepaskan enzim bebas dan produk asil fosfat (1,3-bifosfogliserat).

 

clip_image004

Tag : Biokimia
0 Komentar untuk "MEKANISME REAKSI KATALISIS GLISERALDEHID 3-FOSFAT DEHIDROGENASE PADA REAKSI GLIKOLISIS GLISERALDEHID 3-FOSFAT MENJADI 1,3-BIFOSFOGLISERAT"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top