Translate

Asumsi-asumsi Paedagogi dan Andragogi, dan Implikasinya

Menurut Malcolm S. Knowles ada empat konsep dasar (asumsi) yang membedakan paedagogfi dan andragogi yaitu :

Paedagogi

Andragogi

  1. Konsep diri

Anak ialah pribadi yang tergantung.

 

 

Hubungan pelajar dengan pengejara merupakan hubungan yang bersifat pengarahan.

 

  1. Pengalaman

Pengalaman pelajar sangat terbatas, karena itu dinilai kecil dalam proses pendidikan.

 

  1. Kesiapan belajar

Guru menentukan apa yang akan dipelajari, bagaimana dan kapan belajar.

 

  1. Orientasi Terhadap Belajar

Anak-anak cenderung mempunyai perspektif untuk menunda aplikasi apa yang ia pelajari (digunakan di masa yad.)

Pendekatannya ”berpusat kepada mata pelajaran” (Subject Centered) 

 

 

Si pelajar bukan pribadi yang tergantung, tapi pribadi yang telah masak secara psikologis.

Hubungan pelajar dengan pengajar merupakan hubungan saling membantu yang timbal balik.

 

 

Pengalaman pelajar orang dewasa dinilai sebagai sumber belajar yang kaya.

 

 

 

Pelajar menentukan apa yang mereka perlu pelajari berdasarkan pada persepsi mereka sendiri terhadap tuntutan situasi sosial mereka.

 

Pelajar cenderung mempunyai perspektif untuk kecepatannya mengaplikasikan apa yang mereka pelajari.

 

Pendekatannya ”berpusat kepada masalah” (Problem Centered)

0 Komentar untuk "Asumsi-asumsi Paedagogi dan Andragogi, dan Implikasinya"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top