Translate

Soal UN KIMIA Kelas XII bag.3

1. Konfigurasi electron suatu ion adalah 2  8  8 , bila unsur tersebut mempunyai nomor atom 17, maka muatan ion tersebut adalah ….   

a. – 2 

b.  – 3

c.  + 2

d.  + 3

e.  + 4

 

2.  Konfigurasi elektron suatu Unsur dengan nomor atom  28 dan nomor massa 59 adalah ....

     a. [Ar] 4s2  3d8

     b. [Ar] 4s2  4p1

     c. [Ar] 4s2  3d10 4p1

     d. [Xe] 6s2 4f3

e. [Xe] 6s2 5d3

 

3. Perhatikan sifat- sifat unsur berikut:

 

Unsur

Daya Hantar listrik

Keelektronegatifan

X

Lelehannya dapat menghantarkan listrik

rendah

Y

Larutannya dapat menghantarkan listrik

tinggi

Unsur – unsur tersebut akan membentuk senyawa dengan jenis ikatan ....

a. hidrogen

b. logam

c. ionik

d. kovalen non polar

e. kovalen koordinat

         

4. Unsur Y dengan konfigurasi elektron 2  8 7 , membentuk senyawa dengan unsur X  (No. Atom = 6) dengan ikatan kovalen. Rumus senyawa yang terbentuk adalah ....

     a. XY

     b. X2Y

     c. XY2

     d. XY3

     e. XY4

 

 

 

 

5. Konfigurasi elektron suatu unsur yang terletak pada golongan VI B dan periode 4 adalah ....

     a. [Ar]  4s2  3d4

     b. [Ar]  4s1  3d5

     c. [Kr]  4s2  4p4

     d. [Kr]  5s2  4d6

     e. [Kr]  5s2  4d4

 

6. Perbandingan massa unsur- unsur dalam suatu senyawa dimana pun selalu tetap. Unsur H dalam H2O sebanyak 4 gram, sedangkan perbandingan unsur H dan O dalam suatu senyawa adalah 1 : 9.  Massa unsur O dalam senyawa tersebut adalah ... gram

     a.  4

b.  8

c.  10

d.  36

e.  40

 

7. Perhatikan persamaan reaksi pembentukan gas SO3 berikut:

2 SO2 (g)  + O2 (g) clip_image0022 SO3 (g)

Gas oksigen yang digunakan 12 liter maka volume gas SO3 yang dihasilkan adalah ...

a.   6  liter

b. 12  liter

c.  18 liter

d.  24 liter

e.  36 liter

 

8. Perhatikan persamaan reaksi berikut:

     Ca3(PO4)2 + SiO2 + C clip_image002[1]  CaSiO3 + CO + P4

     Nama senyawa yang tidak terlibat dalam persamaan reaksi itu adalah ....

  1. Kalsium silikat
  2. Kalsium phospat
  3. Karbonmonoksida
  4. Silikon dioksida
  5. Kalim phospat

 

clip_image0049. Perhatikan data pengujian daya hantar listrik beberapa larutan:

                       
    clip_image005
      clip_image006
  clip_image007   clip_image007[1]     clip_image007[2]   clip_image007[3]
 
 

 


clip_image008clip_image009clip_image010clip_image010[1]clip_image009[1]clip_image011clip_image011[1]clip_image008[1]clip_image010[2]clip_image009[2]clip_image010[3]clip_image009[3]clip_image011[2]clip_image011[3]clip_image012clip_image013clip_image009[4]clip_image012[1]clip_image012[2]clip_image014clip_image015clip_image011[4]clip_image009[5]clip_image009[6]clip_image011[5]clip_image011[6]clip_image011[7]         

                   
    clip_image016
 
  clip_image017   clip_image018
      clip_image019   clip_image020
 
 

 

 

 

 

 


1                           2                    3                      4                            

Berdasarkan daya hantar listriknya, yang termasuk larutan elektrolit lemah dan non elektrolit adalah ....

  1. 1 dan 2
  2. 1 dan 3
  3. 2 dan 3
  4. 2 dan 4
  5. 3 dan 4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10. Seorang siswa akan menentukan pH larutan dengan beberapa larutan indikator  berikut:

 

Larutan Indikator

Trayek pH

Trayek Warna

Metil merah

4,2 – 6,3

Merah – kuning

Phenolftalein

8,3 – 10,0

Tidak berwarna - merah

Brom timol biru

6,0 – 7,6

Kuning – biru

 

Bila larutan yang diuji ternyata mempunyai pH antara 7,6 sampai 8,3 . Maka perubahan warna yang tepat pada masing-masing larutan indikator yang digunakan adalah ....

 

 

Metil merah

phenolftalein

Brom Timol Biru

a.

Kuning

Tidak berwarna

Kuning

b.

Kuning

Tidak berwarna

Biru

c.

Kuning

Merah

Biru

d.

Merah

Tidak berwarna

Kuning

e.

Merah

Merah

Kuning

 

 

 

11. Perhatikan gambar titrasi larutan NaOH dengan H2SO4 berikut ini:

clip_image021

 

 

Volume larutan yang terdapat dalam labu Erlenmeyer 20 mL dengan konsentrasi 0,1 M. Bila larutan yang keluar dari buret seluruhnya 10 mL, maka konsentrasi larutan dalam buret adalah ....

a. 0,05 M

b. 0,10 M

c. 0,15 M

d. 0,20 M

e. 0,30 M

 

 

Gunakan wacana berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13.

 

Seorang siswa melakukan 5 kali proses pencampuran asam dengan basa:

 

Perobaan

NH3  0,2 M

HCl 0,2 M

 
 

1

10 mL

10 mL

 

2

10 mL

20 mL

 

3

20 mL

10 mL

 

4

20 mL

25 mL

 

5

25 mL

25 mL

 

(Kb NH3 = 1 x 10-5 )

 

12. Percobaan yang menghasilkan larutan penyangga adalah ....

a. 1 dan 2

b. 2 dan 4

c. 2 dan 5

d. 3 dan 4

e. 4 dan 5

 

13. pH larutan yang dihasilkan pada percobaan (1) adalah ....

     a. 1 – log 2

     b. 5 – log 1

     c. 6 – log 2

     d. 7 – log 1

     e. 9 – log 1

 

 

 

 

14. Perhatikan gambar pencampuran dua buah senyawa berikut ini:

 

 H2SO4                      KI                     NaOH             NaOH      

clip_image022

                 AgNO3          Pb(NO3)2           BaCl2            CaCl2                    

            (K)                (L)                  (M)             (N)                     

 

Ksp dari Ag2 SO4 = 3,2 x 10-5

                     PbI2 = 8,4 x 10-9

             Ba(OH)2 = 5 x 10-3

                   Ca(OH)2 = 4 x 10-15

 

Bila konsentrasi pada masing – masing wadah gelas kimia terdapat

1 x 10-3 M dan yang dalam tabung reaksi 0,01 M.

Gelas kimia  yang menghasilkan endapan adalah ....

a. K dan L

b. K dan M

c. L dan M

d. L dan N

e. M dan N

 

15. Perhatikan banyaknya mol zat terlarut dalam volume pelarut yang sama banyaknya dari beberapa larutan non elektrolit berikut:

clip_image023

          (1)               (2)               (3)                   (4)                  (5)

     Larutan yang mempunyai kenaikan titik didih yang paling tinggi adalah ....

     a. 1

     b. 2

     c. 3

     d. 4

     e. 5

 

16. Perhatikan grafik diagram PT berikut:

            K      L                                 M           N

clip_image024clip_image025

            P      Q                                  R          S

     Besarnya kenaikan titik didih larutan ditunjukkan oleh titik ....

     a. PQ

b. PR

c. QR

d. QS

e. RS

clip_image02617. Perhatikan beberapa proses kegiatan sehari-hari:

     (1). Proses cuci darah

     (2). Pemisahan debu pada cerobong asap

     (3). Terjadinya delta di muara sungai

     (4). Sorot lampu bioskop

     (5). Penjernihan campuran putih telur dengan gula pasir

     Proses kegiatan seharí-hari yang termasuk koagulasi pada koloid adalah ….

     a. 1

     b. 2

     c. 3

     d. 4

     e. 5

 

18. Bila jumlah oksigen yang digunakan pada pembakaran bahan bakar dari minyak bumi tidak tepat akan menghasilkan pembakaran tidak sempurna. Jumlah oksigen ini ditentukan oleh kondisi mesin kendaraan. Kondisi kendaraan salah satunya ditentukan oleh penggunaan bahan bakar dengan bilangan oktan tertentu yang dapat menghasilkan ketukan. Semakin banyak ketukan akan mempercepat kerusakan mesin. Berikut ini beberapa jenis bahan bakar dengan bilangan oktan tertentu:

 

Jenis Bahan Bakar

P

Q

R

S

T

Bilangan OKtan

95

88

90

92

85

 

     Volume gas CO paling banyak dihasilkan oleh bahan bakar ....

     a. P

     b. Q

     c. R

     d. S

     e. T

 

19. Nama senyawa yang mengandung gugus fungsi  - C – H adalah ....

                                                                          ll

                                                                          O

     a.  2 - propanol

     b.  2 - ppropanon

     c.  propanal

     d. asam propanoat

     e. metil propanoat

 

Gunakan Wacana berikut untuk menjawab soal nomor 20 dan 21.

clip_image027 

 


(1). CH3 – CH2 – CH2 – CH2 – CH3 + Cl2 clip_image002[2]CH3 – CH2 – CH2 – CH2 – CH2Cl + HCl

(2). CH3 – CH2 – CH2 – OH  clip_image030 CH3 – CH2 – C – H  + H2O

                                                                       ll

                                                                     O

(3).  CH3 – CH2 – CH = CH2   + HCl clip_image002[3]       CH3 – CH2 – CH – CH3

                                                                              l

                                                                             Cl

(4). CH3 – CH2 – CH2 – CH3 clip_image033  CH3 – CH2 – CH = CH2

(5). CH3 – CH2 – CH – CH3   clip_image030[1]  CH3 – C – CH3  + H2O

                        l                                      ll

                       OH                                   O

 

 

20. Persamaan reaksi yang merupakan reaksi adisi  adalah ....

     a. 1

     b. 2

     c. 3

     d. 4

     e. 5

 

21. Hasil reaksi  pada persamaan reaksi (2) dan (5) mempunyai kesamaan dalam rumus molekulnya. Jenis isomer dari kedua molekul tersebut adalah ....

     a. isomer rangka

     b. isomer posisi

     c. isomer gugus fungsi

     d. isomer geometri

     e. isomer optis aktif

 

22. Perhatikan  beberapa senyawa benzena dan turunannya berikut ini:

     (1). fenol

     (2). Asam salisilat

     (3). Asam benzoat

     (4). anilin

     (5). nitrobenzena

     Senyawa yang digunakan untuk bahan zat pewarna adalah ....

     a. 1

     b. 2

     c. 3

     d. 4

     e. 5

 

23. Beberapa produk polimer dalam kehidupan sehari – hari sebagai berikut:

     (1). nylon

     (2). teflon

     (3). PVC

     (4). protein

     Pasangan produk yang dibuat dengan cara kondensasi adalah ....

     a. 1 dan 2

     b. 1 dan 3

     c. 1 dan 4

     d. 2 dan 3

     e. 3 dan 4

 

24. Perhatikan beberapa jenis karbohidrat berikut:

     (1). Tidak mereduksi fehling

     (2). Bereaksi dengan tollens

     (3). Terdiri dari glukosa dan fruktosa

     (4). Dapat membentuk gla invert

     Pasangan sifat senyawa karbohidrat yang termasuk sukrosa adalah ....

     a. 1 dan 2

     b. 1 dan 3

     c. 1 dan 4

     d. 2 dan 3

     e. 3 dan 4

 

25. Perhatikan sifat kimia dari suatu senyawa dalam bahan makanan:

     (1). Dengan biuret menghasilkan warna ungu

     (2). Dengan timbal asetat menghasilkan endapan hitam      

(3). Dengan iodin menghasilkan warna biru ungu

Bahan makanan yang dimaksud protein yang mengandung  ....

a. fenil dan amilum

b. fenil dan sukrosa

c. fenil dan glukosa

d. belerang dan amilum

e. belerang dan glukosa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

26. Berikut ini beberapa sifat yang menunjukkan reaksi eksoterm atau endoterm:

     (1). Menyerap kalor dari lingkungan

     (2). Menyerap kalor dari sistem

     (3). Suhu lingkungan bertambah

     (4). Suhu lingkungan berkurang

     Pasangan sifat yang menunjukkan reaksi endoterm adalah ....

     a. 1 dan 2

     b. 1 dan 3

     c. 1 dan 4

     d. 2 dan 3

     e. 2 dan 4

 

27. Seorang siswa melakukan percobaan penentuan Δ H reaksi menggunakan gelas yang terbuat dari stereoform dengan rangkaian alat percobaan sebagai berikut:

 

clip_image035

         

     Bila 2,2 gram (Mr = 40) dilarutkan dalam 50 gram air dapat meningkatkan suhu menjadi 28 0C . Kalor jenis air 4,2 J .            

     Besarnya perubahan entalpi ( Δ H)dari reaksi ini adalah ....

     a.  clip_image037

     b. clip_image039

     c. clip_image041

     d. clip_image043

     e.   clip_image045

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

28.  Perhatikan diagram tingkat energi pembakaran C menghasilkan CO2.

               entalpi

clip_image046                  

 

                   C (grafit) + O2 (g)

clip_image047           

clip_image048                  

 

                        313,5  kJ

 

                                 CO2 (g)

 

clip_image049 


Besarnya perubahan entalpi (ΔH) untuk penguraian 88 gram gas CO2 menjadi unsur-unsurnya adalah ….

a. – 627,0 kJ

b. – 313,5 kJ

c.  – 156,7 kJ

d.  + 313,5 kJ

e.  + 627,0 kJ

 

29. Perhatikan data eksperimen penentuan laju reaksi dengan persamaan reaksi berikut:

          A  + B C

(1). Jika konsentrasi zat A tetap, konsentrasi zat B dinaikkan dua kali dari semula, maka laju reaksi empat kali lebih cepat dari semula.

(2). Jika konsentrasi zat B di buat tetap, konsentrasi zat A dinaikkan dua kali dari semula, maka laju reaksi dua kali lebih cepat dari semula

Jika laju reaksi mula – mula adalah X mol L-1 s-1 , konsentrasi zat A = 2 mol/L dan konsentrasi zat B = 3 mol/L, maka besarnya laju reaksi adalah ....

a. 6

b. 9

c. 12

d. 18

e. 36

 

30. Seorang siswa mengamati banyaknya gas yang dihasilkan dari reaksi :

     CaCO3  + HCl  CaCl2 + CO2 + H2O

     Faktor yang berpengaruh terhadap banyaknya gas yang dihasilkan dari reaksi tersebut adalah ....

     a. luas permukaan CaCO3

     b. alat penampung gas yang dihasilkan

     c. ukuran wadah yang digunakan

     d. Volume HCl yang digunakan

     e. Suhu sistem

 

31. Pada suhu tertentu belerang trioksida yang merupakan bahan baku pembuat asam sulfat terurai membentuk belerang dioksida dan oksigen dengan reaksi kesetimbangan   2 SO3 (g) 2 SO2 (g) + 3 O2 (g)

     Untuk memperoleh molekul SO3 sebanyak mungkin, maka perlakuan yang harus diberikan pada sistem ini adalah ....

     a. tekanan diperbesar

b. volume diperbesar

c.  gas SO2 dipisahkan

d. gas O2 dipisahkan

e. suhu dinaikkan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

32. Perhatikan persamaan reaksi kesetimbangan:

     4NH3(g) + 3 O2(g)  2N2(g) + 6 H2O(g)

     Bila pada keadaan awal terdapat 1 mol NH3 dan 1 mol O2 dan pada keadaaan akhir jumlah mol O2 berkurang menjadi 0,7 mol. Maka Harga Kc dari reaksi tersebut adalah ....

     a. clip_image051

     b.  clip_image053

     c. clip_image055

     d.  clip_image057

     e. clip_image059

 

 

33. Perhatikan persamaan reaksi redoks berikut:

     Cu  + NO3-  + H+  clip_image002[4] Cu2+ + NO + H2O

     Jumlah molekul NO3-  yang dibutuhkan pada persamaan reaksi tersebut adalah ....

  1. 2
  2. 3
  3. 4
  4. 6
  5. 8

 

34. Diagram sel dari suatu reaksi sel volta adalah sebagai berikut:

Cu2+ l Cu  ll Ni l Ni2+

     Pernyataan yang tepat adalah ....

a. Cu sebagai anode

b. Cu sebagai katode

c. Ni senagai katode

d. Ni mengalami reaksi reaksi reduksi

e.  reaksi tidak spontan

 

35. Seorang siswa melakukan proses elektroplating sebuah sendok besi dengan beberapa logam berikut:

     (1). Perak (Ar = 108)

     (2). Timah (Ar= 119)

     (3). Krom (Ar = 52)

     (4). Tembaga (Ar = 63,5)

     (5).  Emas (Ar = 197)

     Waktu dan besarnya arus yang digunakan untuk masing – masing proses elektrolisis sama, maka lapisan paling banyak diperoleh bila menggunakan logam  ....

     a. 1

     b. 2

     c. 3

     d. 4

     e. 5

 

36. Pelapisan dengan plastik merupakan salah satu proses pencegahan korosi yang paling tepat digunakan untuk  ....

     a. lampu lalu lintas

     b. dalam kilang minyak

     c. kerangka mobil

     d. kemasan makanan

     e. rak piring

 

 

 

 

37. Batuan / mineral yang terdapat di alam antara lain:

(1). dolomit

(2). karnalit

(3). barit

(4). Sendawa Chili

Pasangan batuan atau mineral mengandung unsur magnesium adalah ....

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 2 dan 4

e. 3 dan 4

 

38. Perhatikan beberapa sifat unsur berikut ini:

     (1). Oksidanya dalam air membentuk basa

     (2). Reaksi dengan air sangat eksplosif

     (3). Disimpan dalam minyak tanah

     Sifat tersebut merupakan sifat unsur dari golongan ....

  1. I A
  2. II A
  3. III A
  4. VII A
  5. VIII A

 

39. Nama Proses pembuatan unsur /senyawa antara lain:

     (1). Hall – Herault

     (2). Deacon

     (3). Kontak

     (4). Solvay

     (5). Haber Bosch

     Senyawa natrium karbonat dapat dihasilkan melalui proses

     a. 1

     b. 2

     c. 3

     d. 4

     e. 5

 

40. Perhatikan sifat suatu unsur:

     (1). Oksidanya dalam air bersifat asam

     (2). Bersenyawa dengan unsur logam dengan ikatan ionik

     (3). Keelektronegatifannya paling rendah dibandingkan unsur segolongannya

      Unsur tersebut berguna untuk ....

  1. mengetsa kaca
  2. fotografi
  3. penghilang kuman
  4. obat luka
  5. penguat tulang
0 Komentar untuk "Soal UN KIMIA Kelas XII bag.3"

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top