Translate

Analisis Kation golongan 4: Ba2+, Ca2+, Mg2+, Na+, K+ dan NH4 +

  • Pemisahan dan Identifikasi Ba

Barium sulfat merupakan garam sulfat yang sangat tidak larut dengan air, sedangkan kalsium agak larut, dan kation logam lainnya larut dalam air. Pemisahan barium dengan kation lainnya berdasarkan hal tersebut. Penambahan amonium sulfat akan memberikan endapan putih jika terdapat barium. Uji selanjutnya dapat dilakukan dengan uji nyala memberikan warna hijau kekuningan.

 

  • Pemisahan dan Identifikasi Ca

Pemisahan kalsium dengan kation lainnya berdasarkan kelarutan garam kalsium oksalat yang sangat tidak larut dalam air, sedangkan kation lainnya mudah larut. Jika kalsium ada endapan putih kalsium oksalat akan terbentuk pada penambahan amonium oksalat. Larutan dibuat basa untuk mencegah kelarutan garam oksalat.

 

  • Pemisahan dan Identifikasi Mg

Magnesium diendapkan dengan Na2HPO4 dalam keadaan basa menjadi magnesium amoniumphosfat dengan reaksi berikut:

image

Karena endapan putih fosfat dari kation lain juga dapat terbentuk maka perlu dilakukan identifikasi lebih lanjut. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan pereaksi magneson I (p-nitribensenazoresorsinol) atau magneson II (p-nitrobense-α-nftol) dengan penambahan basa NaOH. Ion OH- dari basa akan bereaksi dengan Mg2+ membentuk endapan putih hidroksida Mg(OH)2. Hidroksida tersebut akan bereaksi dengan pereaksi magneson atau mengabsorbsinya sehingga menjadi berwarna biru.

 

  • Pemisahan dan Identifikasi Na+ , K+, NH4+

Uji nyala dapat dilakukan untuk menguji adanya Na+ dan K+ dimana Na+ akan memberikan warna nyala kuning dan K+ warna merah keunguan. Warna nyala dari kaliu dapat tertutupi jika terdapat natrium, karena itu diperlukan kaca kobalt untuk melihat warna nyala kalium tersebut. Uji spesifik dapat dilakukan untuk Na+ dengan menggunakan pereaksi seng
uranil asetat membentuk endapan kuning [NaZn(UO2)3(C3H3O2)9]. Sedangkan untuk K+ dapat dilakukan dengan pereaksi natrium heksanitrikobaltat (III) memberikan endapan kuning [K2NaCo(NO2)6] Ion amonium juga memberikan reaksi yang serupa dengan K+ sehingga harus dihilangkan terlebih dulu dengan cara pemanasan. NH4+ dapat diketahui dengan memanaskan larutan sampel asli dengan NaOH 6M.

image

Bau gas amoniak yang khas menunjukkan adanya kation ini. Gas tersebut merubah lakmus merah menjadi biru.

1 Komentar untuk "Analisis Kation golongan 4: Ba2+, Ca2+, Mg2+, Na+, K+ dan NH4 +"
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang. - Hapus

Berkomentarlah dengan baik dan sopan, saya akan berusaha untuk menjawab setiap pertanyaan dan menanggapi setiap komentar yang anda berikan, :)

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya :)

Back To Top